Manajemen Bisnis Waralaba Bagi Investor
Memiliki kemampuan manajemen bisnis waralaba yang handal akan membuat suatu usaha bisnis akan tetap survive meskipun diterpa berbagai kesulitan. Tentu saja untuk memiliki kemampuan manajerial yang handal tidak dapat diraih dalam waktu singkat, namun dibutuhkan waktu tahunan hingga puluhan tahun pengetahuan dan pengalaman.
Manajemen bisnis waralaba indonesia yang sudah berkembang pesat dan berpengalaman selama tahunan atau bahkan puluhan tahun mungkin bisa menjadi pertimbangan investor untuk menanamkan investasi bisnis waralaba yang bersangkutan, entah itu waralaba pangan ataupun non pangan.
- Sisi Positif Manajemen Bisnis Waralaba Bagi Investor
Pewaralaba yang telah memiliki kemampuan manajerial yang handal secara tidak langsung akan menularkan beberapa ilmu manajemen bisnis yang positif waralabanya kepada investor seperti yang di lakukan pasta kangen. Hal ini penting dilakukan karena investor tentu tidak ingin merugi sedangkan bagi pewaralaba, investor merupakan salah satu cara mengembangkan pasarnya. Beberapa sisi positif manajemen bisnis waralaba bagi investor adalah:
- Profesional
Pewaralaba biasanya akan melakukan pembinaan tingkat manajerial yang profesional mencakup pengelolaan sumber daya dan sistem pemasaran.
- Pemantauan
Laporan neraca keuangan yang biasanya harus dilaporkan mingguan atau bulanan kepada pewaralaba. Pelaporan neraca keuangan mingguan dimaksudkan untuk segera melakukan evaluasi apabila terdapat neraca keuangan negatif.
- Asistensi
Pendampingan atau asistensi akan secara intens dilakukan oleh pewaralaba kepada investor, utamanya investor yang baru saja bergabung. Pewaralaba tidak akan membiarkan salah satu gerainya mengalami kebangkrutan karena investor juga merupakan salah satu pengembangan aset pemasaran pewaralaba.
- Saling Menguntungkan
Investor dan pewaralaba pastinya akan berusaha mengembangkan bisnis yang sudah berjalan walaupun anda memilih paket franchise murah sekali pun. Investor pastinya akan mencari tempat baru dan pewaralaba pasti juga akan memberikan pertimbangan tentang besar kecilnya peluang keberhasilan tempat yang baru tersebut.
Demikianlah beberapa penjelasan sisi positif manajemen bisnis waralaba bagi para investor khususnya franchise indonesia yang sedang berkembang pesat . Satu hal penting yang harus dijaga dan dikendalikan adalah sistem persaingan usaha. Jangan sampai hanya demi mendapatkan keuntungan yang berlebih, strategi kotor dilakukan untuk memenangkan persaingan usaha antar waralaba sejenis misalnya dengan iming-iming hadiah atau diskon yang tidak sanggup dilaksanakan.
0 comments