Wednesday, January 3, 2018

Bisnis Franchise dengan Modal Kecil

Bisnis Franchise dengan Modal Kecil

Bisnis Franchise dengan Modal Kecil
Jika kita membicarakan tentang bisnis tentu saja banyak hal yang bisa kita ungkapkan. Bisnis bisa memberikan kita pendapatan dan dari bisnis pula kita bisa mengalami kerugian. Seperti halnya saat ini banyak orang membicarakan tentang bisnis waralaba yang katanya menguntungkan dan mudah dijalankan menurut franchise indonesia. Banyak orang yang menjalakankan bisnis waralaba ini karena dengan modal kecil saja mereka bisa menjual sendiri produk dengan merek terkenal yang sudah dikenal banyak orang. Bisnis waralaba ini memiliki kejelasan usaha dan bagi anda yang belum bisa akan mendapatkan pelatihan gratis sampai anda benar-benar bisa menjalankannya. Bisnis waralaba ini juga menawarkan kemudahan dengan adaanya konsultasi gratis dari penyedia waralaba kepada anggotanya yang mengalami masalah operasional.

Bisnis waralaba merupakan bisnis dimana seseorang bisa membeli hak pada perusahaan tertentu untuk menjual sendiri produk atau jasa yang disediakan perusahaan dengan modal yang telah disepakati. Perusahaan yang menjual hak penjualan produk tersebut telah menata dan mengatur model bisnis yang akan dilaksanakan. Modal yang dikeluarkan pada bisnis waralaba ini tidaklah besar. Anda yang memiliki modal kecil dan tidak memiliki keahlian pun juga bisa bergabung menjalankan bisnis ini. Pada dasarnya bisnis waralaba memberikan kemudahan kepada anggota yang bergabung dengan pemberian berbagai fasilitas pendukung operasional produk. Bisnis ini awalnya merupakan keberhasilan dari seseorang sehingga dia ingin menyalurkan keberhasilannya kepada orang lain dengan cara menjual merek atau produk tersebut. Selanjutnya orang bisa membeli waralaba dengan sejumlah uang kepada seseorang yang sukses.

Bila anda membeli waralaba murah, anda akan menjual produk dibawah nama dan sistem yang sama, selain itu anda juga mendapatkan pelatihan tentang produk yang akan anda jual. Keuntungan lainnya dengan bergabung pada bisnis waralaba ini karena semua hal tentang operasional penjualan produk telah disediakan oleh pemilik merek waralaba tersebut. Semua perlengkapan untuk penjualan telah disediakan sehingga anda hanya menjalankan bisnis tersebut tanpa harus membeli perlengkapannya. Bisnis ini bisa menekan biaya promosi karena jaringan yang luas sehingga masyarakat sudah mengenal produk yang akan anda jual. Memang banyak keuntungan dengan bisnis waralaba ini namun semua bisnis tidak akan berjalan semulus yang dipikirkan sehingga sebelum anda memutuskan menjalankan bisnis waralaba ini ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal seperti dibawah ini:

Kemampuan anda


Walaupun banyak orang mengatakan bisnis franchise murah dengan merek A itu cepat menghasilkan banyak uang, namun belum tentu juga waralaba produk A cocok bagi anda. Sebelum memutuskan merek waralaba tersebut, pertimbangkan apakah anda mampu untuk menjalankan bisnis itu. Kemampuan masing-masing orang berbeda sehingga anda bisa mengukur kemampuan anda untuk memilih bisnis waralaba yang tepat.

Konsumen


Banyaknya waralaba yang menawarkan keuntungan besar membuat banyak orang salah memilih waralaba yang benar-benar menguntungkan. Sebelumnya anda harus mengetahui seberapa banyak konsumen yang menyukai merek waralaba tersebut. Jika peminatnya banyak anda bisa memilihnya namun jika sedikit carilah waralaba dengan merek yang digemari banyak orang.

Lokasi pemasaran


Anda juga harus menentukan lokasi pemasaran untuk bisnis waralaba ini. Jika dalam satu lokasi ada lebih dari satu pesaing sebaiknya anda mencari lokasi lain yang tidak ada pesaingnya.

Memilih pemilik waralaba yang tepat


Hati-hati dengan tawaran bisnis waralaba saat ini karena tidak semua bisnis waralaba itu menguntungkan anda. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih pemilik waralaba yang benar-benar tepat dan banyak orang yang sukses bergabung dengan pemilik waralaba tersebut.
Read more

Memulai Bisnis Kecil

Memulai Bisnis Kecil: Membangun Produk atau Menentukan Pasar?

Ketika memulai bisnis kecil, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk dijadikan prioritas. Semua hal nampaknya sangat penting, sehingga Anda mungkin bingung ketika harus memilih satu hal yang akan dilakukan terlebih dahulu. Mana yang harus dilakukan? membangun lini produk yang solid dan menarik, atau menentukan pangsa pasar yang akan menjadi target pemasaran Anda selanjutnya? Apakah Anda harus menentukan dulu produk atau jasa yang akan ditawarkan, atau memilih tujuan dan pangsa pasar bisnis yang menurut Anda paling ideal?

Berikut ini adalah rincian dari franchise indonesia tahap-tahap memulai bisnis, serta hal-hal yang seharusnya Anda jadikan prioritas dalam memulai dan menjalankan bisnis baru ini hingga kelak bisa dikembangkan sepenuhnya hingga ke kapasitas maksimalnya. Dengan demikian, Anda akan memulai bisnis baru dengan cara yang benar.

Menentukan Produk untuk Bisnis Kecil


Ketika memulai suatu bisnis, satu hal sudah jelas, anda harus punya dulu produknya. Jika tidak, Anda tidak akan tahu dengan cara bagaimana Anda akan membidik pangsa pasar serta membuat rencana pemasaran dan distribusi menurut franchise murah. Yang menjadi kesulitan terbesar adalah menentukan produk yang cocok. Kecuali Anda punya ide menjual suatu produk atau jasa yang aneh atau belum pernah ada (yang berarti memiliki kemungkinan laku paling sedikit) berarti pilihan Anda tinggal pada produk yang sudah umum.

Hal ini sebenarnya menguntungkan, mengingat produk untuk bisnis kecil pertama Anda sebaiknya jenis yang mudah terjual agar cepat balik modal, misalnya saja jenis makanan jajanan populer, pakaian yang banyak dibeli seperti kaos atau sandal dan sepatu jahitan tangan. Walaupun produknya sudah banyak beredar, Anda bisa yakin bahwa pasti pangsa pasar akan ada, karena produk Anda bukan barang yang dipakai sedikit orang. Yang penting, Anda harus ingat untuk membuat produk Anda menonjol, yaitu dengan menonjolkan keunggulan positifnya serta hal lain yang tidak dimiliki produk serupa untuk menarik minat.

Misalnya, Anda mungkin mempromosikan sandal jahitan tangan yang bermotif batik dan terbuat dari tempurung kelapa sebagai produk unik ramah lingkungan, atau mungkin sandal hotel dari koran bekas, atau jajanan tradisional yang dikemas secara modern. Produk-produk unik ini dijamin akan menarik minat dan memudahkan Anda mencari pangsa pasar, asal konsep produknya sudah jelas. Jangan lupa juga untuk memilih produk yang masa produksinya tidak terlalu lama, agar tidak merugi. Dengan demikian, Anda juga bisa lebih cepat balik modal, mendapatkan untung dan akhirnya mencapai tahap ketika investasi Anda kembali (ROI).

Strategi Awal Bisnis dan Pemasaran


Jika produk sudah jelas konsepnya, pangsa pasar pun bisa ditentukan karena Anda sudah paham karakter produk Anda sendiri. Misalnya, jika produk Anda ditujukan untuk konsumen lokal yang kebanyakan berbahasa daerah, maka Anda akan cenderung memilih strategi awal berupa pemasangan iklan di media lokal, terutama koran, radio, penempelan pamflet di tempat-tempat publik dan pembagian brosur menurut waralaba murah. Anda akan harus sering menggunakan bahasa daerah karena harus berkomunikasi dengan banyak orang lokal. Jenis iklannya pun harus yang mengena dengan kegiatan atau aktifitas sehari-hari penduduk sekitar.

Hal ini akan mudah jika Anda sudah menemukan produk dan konsepnya. Misalnya, jika Anda memutuskan akan menjual makanan ringan baru, Anda mungkin bisa membandingkannya dengan makanan lokal yang populer di daerah itu, atau mengadopsi makanan lokal menjadi jajanan yang lebih baru dan bermutu. Anda bisa juga memasarkannya lewat event lokal seperti pameran, acara pertunjukan musik, bahkan promosi mulut ke mulut saat ada hajatan besar. Jika Anda berpromosi di sebuah komunitas kota kecil, Anda tidak akan meremehkan kemampuan promosi mulut ke mulut. Akan tetapi, tentu saja aturannya jelas, Anda harus punya produk dulu. Jika tidak, Anda tidak akan bisa memiliki konsep pemasaran dan tidak bisa menjual ke orang yang tepat.

Kesimpulan


Dalam memulai sebuah bisnis kecil, penting sekali untuk memiliki produk dengan konsep jelas terlebih dahulu. Hal ini karena Anda memusatkan semua rencana seperti pemasaran, promosi dan distribusi ke konsep barang tersebut, sehingga jika Anda belum memiliki konsep matang, Anda tidak akan sampai kemana-mana. Intinya, Anda juga tidak boleh sampai ceroboh dan terburu-buru dalam mendirikan bisnis apapun.
Read more

Peluang Usaha / Bisnis Sampingan

 Peluang Usaha / Bisnis Sampingan

Peluang Usaha / Bisnis Sampingan
Tak sedikit orang yang mencari Peluang Usaha / Bisnis Sampingan di mesin pencari seperti Google atau pun di media sosial seperti Facebook, dan sebagainya. Tak sedikit yang mengatakan usaha sampingan bisa menambah pendapatan mereka selain pekerjaan utama sehingga, namun beberapa mengatakan bisnis sampingan malah membuat mereka keteteran karena sulitnya membagi waktu.

Lantas usaha sampingan yang seperti apa yang tetap bisa dijalankan tapi tetap tidak meninggalkan pekerjaan utamanya?

Yuk kita bahas,


Bisnis dengan sistem waralaba/franchise menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sampingan sekaligus tetap menjalankan usaha/pekerjaan utama Anda.

Apa sih bisnis Franchise atau Waralaba itu?


Bisnis franchise indonesia pada dasarnya adalah sistem kemitraan, yang sebetulnya dalam pengoperasionalnya sama saja seperti bisnis pada umumnya, seperti menjual barang atau jasa.

Keunggulan dari konsep kemitraan dalam bisnis Franchise ini adalah, bisnis yang dijalankan adalah bisnis yang telah berjalan atau telah ada sebelumnya. Di sini pengusaha yang menjadi mitra bertindak sebagai franchisee, dan pemilik usaha sebagai franchisor.

Terus apa sih manfaat dan keunggulan bisnis franchise?


Usaha franchise murah / waralaba murah hingga kini masih menjadi primadona model bisnis bagi banyak pengusaha. Terbukti dengan banyaknya brand franchise yang tumbuh dan berganti di tiap tahunnya, dan juga peminat bisnis ini yang berasal dari berbagai daerah dan berbagai kemampuan finansial.

Berbagai brand franchise kian tumbuh dan berganti, ada brand minuman yang menjajakan minuman coklat, mangga, teh. Ada brand yang mengusung makanan yang menyediakan produk olahan daging, susu, atau mengusung makanan luar negeri dan makanan lokal. Bahkan ada juga franchise yang bergerak di bidang penyediaan jasa seperti jasa bersih-bersih, cuci kendaraan, travel, dsb.

Pernah menemui merk seperti McD, KFC, Starbucks, atau Indomaret, Alfamart dan semacamnya? Nah! Itu adalah beberapa brand yang memiliki konsep waralaba/franchise.

“Kira-kira apa sih yang membuat model bisnis seperti ini begitu digandrungi? Kenapa begitu banyak orang yang menyukai konsep bisnis ini?”

Mungkin Anda pernah memikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu ketika membaca artikel atau iklan seputar waralaba.

Ada yang mengatakan bahwa, "sesuatu yang menarik kadang memiliki suatu kelebihan". Nah apa kelebihan dari bisnis berkonsep waralaba ini?

Nah, berikut Waralabakan akan memberikan sedikit ulasan tentang kelebihan peluang usaha sampingan berkonsep franchise yang mungkin tidak dimiliki jika membuka usaha sendiri.

1. Modal yang Lebih Kecil.


Siapa yang bilang membuka bisnis waralaba membutuhkan modal yang besar? Memang besar kecilnya modal itu relatif di tiap orang. Tapi jika yang dimaksud modal besar itu modal yang hingga ratusan juta, maka Saat ini tak sedikit brand waralaba yang menawarkan peluang kemitraannya dengan modal yang relatif terjangkau, sehingga golongan menengah bawah pun bisa memulai bisnis waralaba.

Modal awal untuk membuka waralaba saat ini kian beragam ada waralaba yang di bawah 5 juta-an, dan bahkan ada yang 1 jutaan. Sehingga bisnis ini sekarang telah bisa dijalankan oleh banyak orang, maka tak heran saat ini peminat bisnis ini pun kian tumbuh di Indonesia.

Selain itu, dengan usaha waralaba, Anda tidak lagi mengeluarkan banyak uang, tenaga dan waktu untuk melakukan segala persiapan. Seorang franchisee bisa langsung membuka bisnisnya saat setelah administrasi dipenuhi, dan biaya-biaya tersebut bisa dialokasikan untuk hal lainnya, sehingga bisa dibilang secara modal bisnis ini lebih efisien.

2. Lebih mudah/Simpel.


Jika mulai start-up/membangun usaha sendiri, Anda perlu melakukan segala persiapan terkait bisnis dan operasioalnya, seperti mempersiapkan bahan baku, atau pun membangun toko, membuat stand/tempat usaha dan lain sebagainya, maka dengan bisnis franchise, semua keperluan tersebut sudah ada yang menangani.

Sebuah brand franchise memiliki manajemen pusat franchise. Yang mana manajemen tersebut akan menangani segala persiapan bisnis franchise dan juga pelayanan mitra lainnya. Jadi Anda hanya perlu menandatangi kontrak dan pembayaran untuk membeli hak merk franchise saja.

3. Panduan, Training, Pelayanan Konsumen/Mitra.


Penyedia bisnis franchise pada umumnya memiliki fasilitas-fasilitas menarik yang diberikan pada anggota/mitra bisnisnya.

Beberapa di antaranya seperti Panduan bisnis, Pelatihan, maupun Layanan Konsultasi seputar bisnis. Fasilitas yang tentunya tidak didapat jika melakukan start-up usaha sendiri. Fasilitas seperti ini cocok bagi pengusaha pemula.

4. Brand yang Telah Ada dan Dikenal.


Dengan menjual produk dengan brand/merk yang telah lebih dulu dikenal masyarakat luas, maka dari segi pemasaran akan lebih meringankan Anda, sebab Anda tidak perlu lagi melakukan promosi yang massive/besar-besaran.

Di samping itu, dengan dikenal luasnya brand suatu produk bisa dibilang kualitas dan kredibilitas brand tersebut sudah jelas di mata masyarakat.

Dengan segala keuntungan dan kelebihannya, maka bisa disimpulkan bahwa peluang usaha sampingan dengan model bisnis franchise ini bisa dijadikan pilihan bisnis bagi Anda, terutama bagi pebisnis pemula.

Silakan lihat Daftar Franchise di Waralabakemitraan.com dan pilih yang sesuai dengan kriteria Anda
Read more

Tuesday, January 2, 2018

5 Hal yang Harus diketahui Sebelum Memulai Bisnis Waralaba / Franchise

5 Hal yang Harus diketahui Sebelom Memulai Bisnis Waralaba / Franchise

5 Hal yang Harus diketahui Sebelom Memulai Bisnis Waralaba / Franchise
Bisnis waralaba / franchise semakin menjamur di Indonesia. Hal ini menunjukkan jika skema waralaba sukses mendatangkan keuntungan. Waralaba memang punya banyak kelebihan di antaranya mudah dioperasikan. Sebab, sistem hingga peralatan usaha sudah disediakan.

Pemodal pun hanya tinggal menjalankan. Namun, pemula yang ingin berbisnis waralaba harus hati-hati. Meski mudah, bisnis waralaba bukannya tidak punya kendala. Nah, agar Anda sukses menjadi pengusaha waralaba, berikut 5 anjuran yang sebaiknya diperhatikan seperti dikutip dari franchise indonesia :

1. Cari waralaba yang mudah dioperasikan


Jika baru saja memulai, sebaiknya cari waralaba yang mudah dan praktis dijalankan. Misalnya, Anda ingin berbisis waralaba makanan. Ketimbang berjualan soto ayam atau sejenisnya, bagi pemula akan lebih baik memilih berjualan kebab, burger atau makanan dan minuman siap saji lainnya.

Waralaba dengan operasional yang sederhana juga bisa dimulai dengan modal yang lebih terjangkau. Bila Anda masih pemula menurut franchise murah, mulailah berbisnis dengan modal kecil terlebih dahulu. Ketika sudah mulai menguasai dan stabil, tambahkan modal dan skala usaha lebih besar lagi.

2. Cari waralaba yang banyak dikonsumsi masyarakat


Tidak sulit mencari produk yang memiliki pangsa pasar konsumen kelas menengah ke bawah. Sebaiknya pilih produk kategori ini karena potensi pasarnya besar. Sebab, produk dengan harga terjangkau bisa saja digemari segmen menengah ke atas namun tidak halnya produk dengan segmen menangah ke atas yang sudah pasti tidak akan terjangkau oleh masyarakat bawah. Semakin besar pasar, semakin baik bukan?


3. Cari waralaba berdasarkan produk


Sebaiknya tentukan produknya sebelum memilih waralaba. Untuk menentukan produk, cari yang banyak disukai masyarakat. Misalnya menurut waralaba murah, Anda menemukan bahwa makanan kebab adalah produk yang sangat digemari masyarakat. Nah, langkah selanjutnya jadi lebih mudah yakni memilih waralaba kebab. Atau, Anda mendapatkan fakta jika bisnis laundry sangat menguntungkan. Langkah selanjutnya, tinggal mencari waralaba laundry.

4. waralaba yang citranya baik


Sebelum memilih waralaba, cari tahu dulu seperti apa citra perusahaan tersebut di mata konsumen. Periksa apakah perusahaan tersebut pernah terlibat masalah atau tidak. Untuk memeriksa apakah sebuah waralaba baik atau tidak cukup mudah.

Jika waralaba tersebut sudah memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan RI. artinya bisnis yang dijalankan oleh waralaba tersebut menguntungkan dan bertanggungjawab.

5. Pahami ketentuan fee, royalti dan sistem franchise


Agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari, sebaiknya pelajari ketentuan fee, royalti dan sistem franchise. Tanyakan juga sejauh apa kemungkinan sistem akan berubah di kemudian hari. Misalnya, saat membeli, ditetapkan bagian royalti sebesar 30 persen. Namun, di kemudian hari, malah menaikkan bagiannya menjadi 40 persen. Tentu kita sebagai mitra akan dirugikan oleh keputusan seperti ini.
Read more

Daftar Usaha Bisnis Franchise Terlaris di Indonesia 2018

Daftar Usaha Bisnis Franchise Terlaris di Indonesia

Anda membuka halaman website ini karena sedang mencari daftar usaha waralaba terlaris yang menguntungkan dan menjanjikan saat ini. Kalau mau disebutkan semua, sebenarnya bisnis waralaba yang menjanjikan itu ada banyak sekali di Indonesia.

Namun, tentu saja Anda harus memilih salah satu waralaba yang paling sesuai dengan situasi Anda, baik itu dari segi modal ataupun lokasi menurut franchise indonesia. Sekarang ini ada ratusan pengusaha yang mewaralabakan bisnisnya dan membuka peluang bagi para pemula yang punya modal dan ingin segera memiliki usaha.

Dari sekian banyak daftar usaha waralaba yang menguntungkan di Indonesia saat ini, sebagian besar waralaba tersebut adalah di bidang kuliner. Namun ada beberapa waralaba di bidang usaha lainnya yang juga sangat laris dan layak untuk dipertimbangkan. Itu sebabnya di paragraf sebelumnya saya menyebutkan agar memilih waralaba yang sesuai dengan situasi kita saat ini.

Berikut ini adalah daftar usaha franchise terlaris dan menjanjikan saat ini, berdasarkan kategori bisnisnya:


Daftar Usaha Waralaba Kuliner yang Prospektif


Seperti yang sudah disebutkan di awal, usaha waralaba di bidang kuliner adalah jenis waralaba murah yang sedang trend dan mudah kita temukan saat ini. Alasan mengapa usaha waralaba kuliner sangat menjanjikan adalah karena permintaan masyarakat sangat besar.

Coba Anda perhatikan, orang Indonesia itu cenderung suka mencoba makananan dan minuman yang unik. Jenis waralaba kuliner tersebut sangat beragam, mulai dari waralaba makanan ringan, waralaba minuman, hingga waralaba restoran.

Nah, jika Anda tertarik menjalankan waralaba kuliner, berikut ini daftar waralaba yang bisa Anda pertimbangkan:
  1. Waroeng Spesial Sambal atau biasa disebut dengan warung SS adalah restoran sederhana khas Indonesia. Bisnis kuliner ini menawarkan berbagai makanan rumahan dengan pilihan sambal yang beragam berdasarkan tingkat kepedasan.
  2. Es Teller 77 adalah bisnis kuliner dengan konsep restoran menarik ini sering kita temukan di pusat perbelanjaan. Jika modal Anda cukup besar, maka Anda bisa mencoba waralaba yang satu ini karena pasti ramai pengunjungnya.
  3. Kebab Turki Baba Rafi, usaha waralaba kuliner camilan yang satu ini sudah tidak asing lagi tentunya. Makanan khas Turki yang kemudian disesuaikan dengan lidah orang Indonesia ini sangat laris lho. Bahkan waralaba ini merupakan salah satu yang paling sukses di Indonesia.
  4. Edam Burger, waralaba kuliner yang menawarkan burger dengan isian daging dan sayuran ini sudah cukup lama di Indonesia. Hingga saat ini Edam Burger sudah memiliki lebih dari 2000 gerai di seluruh Indonesia, bahkan sudah memiliki pabrik pengolahan bahan makanan sendiri lho.
  5. Radja Cendol adalah waralaba minuman khas Indonesia yang penuh inovasi. Minuman segar ini dikemas dengan unik oleh pendirinya, mulai dari cendol original hingga cendol beragam rasa yang dikemas sedimikian rupa untuk menarik perhatian konsumen.
  6. Monster IceBlend merupakan franchise minuman yang berbahan dasar cokelat. Namun, selain rasa cokelat, Monster IceBlend juga menawarkan produk minuman segar dengan rasa lain.  Modal awal untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp 6 juta untuk membeli paket waralabanya.
Sebenarnya daftar usaha waralaba di bidang kuliner ada banyak sekali. Namun, yang menurut saya paling laris saat ini dan sangat menjanjikan adalah beberapa yang disebutkan di atas tadi.

Deretan Beberapa Usaha Waralaba Lain yang Prospektif

  • 1. Usaha Franchise Jasa Laundry Kebutuhan masyarakat urban akan jasa laundry yang semakin meningkat membuat peluang usaha yang satu ini semakin subur di Indonesia. Enaknya lagi, kalau kita tidak mengerti memulai usaha laundry, maka kita bisa membeli franchise laundry yang sudah punya standar yang baik.
  • 2. Usaha Franchise di Bidang Pendidikan Anda pasti sudah mengetahui tentang usaha di bidang jasa pendidikan dan pelatihan di Indonesia. Usaha franchise ini menawarkan jasa private pelajaran yang mencakup pendidikan formal dan non formal.
  • 3. Daftar Usaha Waralaba Terlaris di Bidang Retail Bisnis retail ini bisa diartikan sebagai usaha yang menjual produk, baik itu barang dan jasa kepada perorangan ataupun organisasi. Sekarang semua orang bisa memiliki usaha retail sendiri karena para pengusaha besar di bidang retail sudah mewaralabakan bisnis mereka.

 

Kesimpulan:

Memilih salah satu dari daftar usaha franchise murah di atas, sesuai dengan minat dan situasi Anda hanyalah langkah awal. Selanjutnya, dibutuhkan kerja keras dan juga kerjasama yang solid antara franchisor dan mitra agar bisa meraih sukses bersama.
Read more

Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba / Franchise Modal Kecil 2018

Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba / Franchise Modal Kecil 2018

Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba / Franchise Modal Kecil 2018
Anda sedang memiliki sebuah usaha yang mulai berkembang dan merasa usaha Anda ini sebenarnya sangat berprospek untuk dikembangkan lebih maksimal lagi. Bahkan Anda bermimpi bisa membangun kerajaan bisnis Anda sendiri dengan membangun cabang di banyak tempat. Taukah Anda, ide apa yang bisa Ana kembangkan dari pemikiran Anda ini? Tentu saja apalagi kalau bukan, menjadikanya sebagaibisnis waralaba modal kecil menurut franchise indonesia.

Kenapa pakai embel-embel modal kecil? Karena menurut franchise murah dengan modal kecil disematkan disana akan semakin banyak orang yang penasaran untuk melihat pada peluang usaha yang Anda tawarkan. Untuk catatan bagi Anda, ketika Anda membuka usaha Anda sendiri maka konsumen Anda adalah pembeli produk Anda. Tetapi ketika Anda membuka usaha waralaba, maka konsumen Anda adalah para pembeli peluang waralaba yang Anda tawarkan.

Jadi ubah mindset Anda soal bagaimana membuat usaha Anda ini menarik. Anda harus mencoba melihat dari sudut pandang pelaku usaha dan pemilik modal dan untuk catatan lagi, kebanyakan adalah pemula. Bukan lagi sekedar melihat dari sudut pandang konsumen dan berpikir soal bagaimana memuaskan konsumen. Anda kini bekerja untuk dua kepentingan, selain kepentingan Anda sendiri tentu saja. Kepentingan konsumen dan para pembeli program waralaba Anda.

Dan mungkin beberapa trik ini bisa Anda terapkan ketika Anda merealisasikan idebisnis waralaba modal kecil ini pada usaha mandiri Anda.

  • Siapkan sistem dengan sesempurna mungkin
    • Kerap kali bisnis waralaba modal kecil bubar jalan bukan karena para pelaku di lapangan yang kurang optimal, tetapi karena sistem yang dibuat ternyata padat cacat. Untuk itu sebelum mulai memasarkan program waralaba ini pastikan semua sudah terencana dengan baik. Lakukan pengecekan sistem dengan optimal bila perlu lakukan konsultasi berlapis dengan mereka yang sudah lebih matang soal waralaba. Memang di awal membuka usaha berbasis waralaba akan memakan banyak biaya. Terutama terkait persiapan sistem dan masalah hukum.
  • Lakukan promosi gencar
    • Promosikan ke masyarakat akan keberadaan bisnis waralaba modal kecil milik Anda ini. Masukan dalam directory waralaba yang ada di berbagai situs dan website waralaba, lakukan promosi gencar via internet dengan membangun website professional dan koneksi sosial media. Iklankan melalui facebook untuk membuatnya dikenal masyarakat.
  • Buat proposal realistis
    • Kadang beberapa usaha waralaba membuat proposal usaha dengan sekedarnya saja, tanpa benar-benar riset dan kadang berlebihan soal angka. Cobalah lebih realistis karena ini menyangkut kepercayaan jangka panjang. Dan upayaka memberikan penekanan pada modal supaya kata”modal kecil” bukan sekedar slogan. Bila perlu sertakan semacam stigma supaya pasar melihatnya sebagai modal kecil.
  • Sertakan informasi lengkap
    • Para pemilik modal dan pelaku usaha akan tertarik paa usaha yang Anda tawarkan bila mereka cukup terpuaskan dengan informasi yang mereka butuhkan. Jadi jangan lupa selalu menyertakan proposal ringkas, status hukum, gambaran produk detil, gambaran sistem kerjasama serta hak dan kewajiban dua pihak serta berbagai disclaimer lain. Bukan mustahil ketika semua informasi tidak tersampaikan sempurna munculah masalah diantara dua pihak di belakang hari. Anda juga bisa menambahkan data franchisee Anda, karena ini justru semakin menguatkan citra professional dari usaha Anda.
  • Siapkan kantor offline
    • Kantor offline untuk sebuah usaha waralaba sifatnya mutlak menurut waralaba murah. Sekalipun itu untuk waralaba modal kecil dengan nilai investasi super murah dibawah 5 juta. Ini menunjukan kesungguhan Anda dan profesionalitas waralaba Anda. Karena dengan eksistensi kantor, maka setiap diyakini setiap aktivitas bisnis waralaba Anda sudah terkoordinir dalam satu sistem dan dikelola secara khusus oleh tim.
  • Perhatikan produk Anda
    • Akan sangat konyol ketika Anda begitu konsentrasi pada pengembangan waralaba modal kecil Anda, namun kemudian aspek produk menjadi terabaikan. Hindari kejadian seperti kekurangan stok, produk menurun kualitasnya dan sebagainya. Apalagi kalau Anda sampai tidak bisa menjaga kontinuitas kualitas, seharusnya apa yang Anda produksi hari ini akan sama dengan apa yang Anda produksi besok dan lusa. Setidaknya itu adalah prinsip dari produk dalam sistem waralaba. Pertimbangkan pula ketika menerima franchisee yang berjarak jauh dari Anda mengenai bagaimana memastikan produk sampai di tangan mereka dengan kualitas produk yang tetap terjaga.
Read more

Friday, December 22, 2017

Manfaat Sosial Media untuk Mengembangkan Bisnis

Manfaat Sosial Media untuk Mengembangkan Bisni

Bisnis memang tidak mudah dijalani, tantangan dan masalah harus dihadapi dan dijalankan.

Jika tidak, tentu saja akan bangkrut dan mengalami kerugian baik tenaga, finansial maupun waktu secara singkat. Untuk itu para pebisnis berlomba-lomba mencari solusi dan cara untuk bisa berkembang dan menaikkan bisnis mereka ke tingkat yang lebih baik dan lebih bagus menurut franchise indonesia. Salah satu caranya dengan menggunakan marketing atau media promosi di media sosial.

Media Sosial Sebagai Ajang Promosi


Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada menurut franchise murah. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.

Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. Maka sejak maraknya penggunaan media sosial itulah, bisnis juga menggunakannya untuk kepentingan usaha mereka.

Mungkin bagi para bisnis pemula tentu masih bingung bagaimana menggunakan media sosial untuk promosi bisnis menurut waralaba murah. Padahal caranya sangatlah mudah dan tentu saja semua orang bisa melakukannya.
  • Anda tinggal memilih media sosial jenis apa yang ingin digunakan, dari sekian banyak media sosial ada yang bersifat "public" atau umum sehingga bisa dilihat dan digunakan siapapun. Ada yang bersifat privasi.
  • Selanjutnya pilih produk yang ingin dipromosikan, atau misalnya ingin seluruh perusahaan yang Anda promosikan maka siapkan bahan promosi seperti produk unggulan, keunggulan usaha, harga, persaingan, kelebihan dan hal lain yang dianggap membanggakan usaha.
  • Jika sudah pilihlah satu atau dua orang yang ahli dibidang IT atau telekomunikasi di media sosial. Anda bisa memilih karyawan atau jika Anda ahli maka bisa melakukannya sendiri. Setelah itu buat flow bagaimana usaha Anda mau dipromosikan.
  • Apabila rencana sudah diketahui dan sudah dibuat, bisa langsung mengerjakannya di media sosial dan juga mempromosikan selayaknya katalog hidup yang bisa diakses dimanapun berada.
Read more

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula


10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula
Kesuksesan adalah hal yang dicari setiap orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan memulai bisnis. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda. Hal ini memang tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat bisnis menjadi pilihannya.

Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa kok menjadi pengusaha jika kamu mau belajar dan bekerja keras. Franchise Indonesia adalah sebuah perusahaan franchise murah yang terkenal di Indonesia. Berikut ini adalah 10 tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula oleh franchise indonesia.

1. Fokus pada satu peluang bisnis


Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak, ya nggak?

2. Lakukan hal yang kamu sukai


Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini. Namun bagi kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi. Jika hobi kamu adalah fotografi, kamu bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi kamu terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu


Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang bisnis ini.

4. Selalu mau belajar dari orang lain


emua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

5. Hiduplah dengan sederhana


Lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha. Mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dengan pandangan bahwa kamu adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal yang kamu impikan itu akan datang pada saatnya nanti menurut waralaba murah.

6. Belajar dari kegagalan


Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk maju atau diam. Jika kamu ingin maju, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang kamu rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu. Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan kamu dan mempersiapkan kamu untuk menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik loh!

7. Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik


Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis kamu, karena mereka belum tahu standar dari konsep bisnis kamu. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnismu dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.

8. Jagalah kesehatan


Untuk sukses, memang harus bekerja keras, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga tanggung jawab kamu. Dengan kamu menjaga kesehatan, percayalah apapun yang kamu kerjakan akan lebih produktif. Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan. Bayangkan jika kamu jatuh sakit, tidak ada yang dapat kamu lakukan dengan sempurna. Kesehatan memberi kamu kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan.

9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata


Perhatikan apa yang kamu katakan. Katakan hal yang mampu kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kamu bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right?

10. Tahu kapan harus berhenti berusaha


Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti, jika tidak kamu akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang kita mulai tidak membawa kamu kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kamu menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.
Read more

Tuesday, December 5, 2017

Cara Membuat Bisnis Waralaba / Franchise

Cara Membuat Bisnis Waralaba / Franchise

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, setiap pengusaha memiliki cara yang berbeda – beda menurut franchise indonesia. Ada yang memilih membuka cabang untuk memperluas pasarnya, namun banyak pula pengusaha yang membuka sistem kemitraan untuk mengembangkan bisnisnya.

Melihat perkembangan bisnis waralaba murah saat ini, salah satu bisnis yang banyak ditawarkan menggunakan sistem kemitraan adalah bisnis makanan. Jika dulu franchisor asing mendominasi perkembangan bisnis franchise makanan di negara kita, sekarang sudah banyak pengusaha lokal yang mewaralabakan bisnis mereka untuk memperluas jangkauan pasar.

Namun memutuskan untuk mewaralabakan usaha bukan hanya sekedar untuk membuka cabang saja, karena sistem franchise murah merupakan proses membangun hubungan bisnis antara mitra dan penyelenggara kemitraan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga dibutuhkan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak.

Untuk mewaralabakan sebuah usaha, dibutuhkan persiapan yang cukup matang. Bila perlu sebelum mewaralabakan bisnisnya, harus mengetahui organisasi franchisor yang lengkap, memiliki training center, mengetahui strategi pemasaran yang paling tepat untuk bisnisnya, serta mengantongi perizinan. Hal tersebut akan membuat bisnis yang diwaralabakan sukses dan berjalan dengan sistem kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak (baik pihak franchisee maupun pihak franchisor).

Disamping itu pemberi waralaba juga harus memperhatikan beberapa hal, agar dapat membimbing para franchisee dalam menjalankan bisnisnya.

Berikut hal penting yang harus diperhatikan pemberi waralaba (franchisor) :
  • Mampu mengevaluasi lokasi dan cara negosiasi sewa atau beli properti yang dibutuhkan
  • Memiliki konsep pengelolaan outlet yang higienis
  • Memiliki sumber bahan baku yang berkualitas dan ekonomis
  • Mengetahui sumber tenaga kerja yang berkualitas
  • Menguasai teknik pelayanan dan penyajian yang berkualitas tinggi
  • Kemampuan untuk menjadi trainer, yang memberikan pelatihan efektif dan berorientasi pada hasil
  • Keahlian untuk melakukan monitoring dan pengontrolan bisnis, tanpa merusak hubungan kerjasama  yang efektif
Selain pihak franchisor, yang harus diperhatikan dalam mewaralabakan bisnis adalah kualitas bisnis itu sendiri. Sesuai dengan PP No 42 Tahun 2007, kriteria bisnis yang boleh diwaralabakan yaitu peluang bisnis yang memiliki ciri khas tertentu, terbukti telah memberikan keuntungan bagi pelaku usahanya, memiliki standar mengenai pelayanan yang ditawarkan (SOP tertulis), bisnis tersebut mudah diajarkan dan diaplikasikan, adanya dukungan yang berkesinambungan, dan memiliki hak kekayaan intelektual yang sudah terdaftar.

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah memenuhi enam kriteria tersebut, dan sudah terdaftar sebagai salah satu bisnis waralaba makanan yang mendapat ijin dari Menteri Perdagangan, BPOM dan MUI untuk beroperasi. Selanjutnya Anda dapat menawarkan franchise tersebut kepada para calon franchisee  dengan membuat prospektus penawaran waralaba.

Prospektus penawaran waralaba setidaknya memuat tentang informasi sebagai berikut :
  • Data identitas franchisee
  • Bukti legalitas usaha yang difranchisekan
  • Sejarah singkat mengenai usaha tersebut
  • Mencantumkan struktur organisasi franchisor
  • Melampirkan laporan keuangan, setidaknya laporan keuangan 2 bulan terakhir
  • Menginformasikan jumlah usaha yang telah dibuka, dan mencantumkan alamat lokasi usaha yang ada
  • Melampirkan daftar franchisee yang sudah menjalankan bisnis tersebut
  • Memberikan penjelasan mengenai hak dan kewajiban franchisee maupun franchisor
Mewaralabakan usaha makanan jelas sangat menguntungkan, karena selain untuk mengembangkan kepercayaan pasar. Bisnis franchise juga memberikan tambahan pendapatan dengan adanya franchise fee dan royalti fee. Tak heran jika banyak pelaku bisnis makanan yang saling berlomba untuk mewaralabakan bisnis mereka. Semoga cara mewaralabakan bisnis makanan dapat membantu Anda, salam sukses.
Read more

Wednesday, November 29, 2017

Peluang Usaha Yang Bagus Untuk Anak Muda

Peluang Usaha Yang Bagus Untuk Anak Muda

Peluang Usaha Yang Bagus Untuk Anak Muda
Perkembangan dunia bisnis pada zaman sekarang ini tergolong lumayan pesat.

Hal ini disebabkan adanya peningkatan jumlah pelaku usaha yang membanjiri dunia bisnis dari berbagai jenis bidang usaha menurut franchise indonesia.

Dan bagi anda generasi muda yang ingin memiliki usaha namun masih binggung menentukan jenis usaha yang akan digeluti.

Berikut ini kami bagikan beberapa referensi peluang usaha yang cocok dan layak anda pertimbangkan.

Ide Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda


Bisnis otomotif

Bisnis didunia otomotif tentunya sangat menjanjikan. Banyak sekali anak muda di jaman sekarang yang menyukai variasi mobil ataupun motor. Jadi tidak ada salahnya mencoba membuka peluang usaha di dunia otomotif menurut waralaba murah. Sebagai contoh anda dapat membuka usaha air brush, bengkel modifikasi motor, menjual perlengkapan untuk pembalap, dan yang paling marak saat ini adalah penyewaan motorcross.

Bisnis teknologi gadget

Perkembangan teknologi diera modern khususnya gadget memiliki daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat. Bagi para remaja yang sangat antusias terhadap dunia gadget dapat menyalurkannya menjadi suatu usaha yang sangat menguntungkan. Dengan kemahiran dalam penggunaan gadget tentunya akan lebih menambah wawasan sehingga dapat digunakan sebagai modal untuk mendirikan bisnis teknologi gadget.

Bisnis fashion shop

Dunia fashion tidak pernah berhenti berinovasi untuk menghasilkan suatu karya yang dilirik oleh banyak kalangan. Sehingga tak sedikit orang mengikuti perkembangannya dari waktu ke waktu. Tampil staylish menjadi suatu kebutuhan setiap harinya bagi semua orang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa bisnis didunia fashion begitu digandrungi.

Bagi para remaja yang memiliki ketertarikan terhadap dunia fashion tidak ada salahnya untuk mengeksplore diri dengan mencoba mendirikan usaha fashion shop anda sendiri. Ditambah dengan keberadaan  media online tentu akan sangat membantu dalam memasarkan produk.

Bisnis event organizer

Peluang untuk anak muda terjun kedalam bisnis event organizer sangatlah besar terlebih bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi. Modal untuk mendirikan sebuah event organizer adalah link. Dengan memanfaatkan cakupan link yang luas tentunya akan lebih mudah untuk memasarkan usaha di bidang jasa ini menurut franchise murah. Contoh event organizer yang dapat dijalankan oleh anak muda misalnya EO yang bergerak dibidang musik.

Bisnis kedai kopi

Bisnis kedai kopi tidak pernah ada matinya. Sama seperti dunia fashion, bisnis ini juga identik dengan anak muda. Untuk anda yang suka hangout bersama teman-teman, mendirikan bisnis kedai kopi menjadi peluang usaha yang bagus sekaligus menguntungkan. Selain memiliki tempat sendiri untuk nongkrong, anda juga bisa mengajak teman-teman anda untuk berkumpul ditempat usaha anda. Patut dicoba bukan?.

Bisnis studio musik dan rekaman

Jika anda memiliki hobi didunia musik, dan berkecimpung didalamnya serta ingin memiliki suatu usaha, mendirikan studio musik dan rekaman dapat menjadi alternatif. Tidak ada salahnya bagi anda para remaja untuk mencoba terjun ke dalam usaha ini. Prospek dari usaha ini sangatlah besar dan berjangka panjang. Mengingat banyak sekali musisi ataupun band yang memilih jalur independent. Dan tentunya mereka memerlukan wadah untuk menghasilkan suatu karya. Bisa dikatakan kehadiran usaha anda dapat menjembatani mereka.

Bagi generasi muda yang ingin memiliki usaha, cobalah untuk menemukan apa yang menjadi potensi didalam diri anda. Suatu usaha yang didasari oleh passion akan lebih memudahkan pelaku usaha untuk berkembang dan menghasilkan suatu produk usaha yang lebih kreatif dan inovatif. Sehingga usaha yang ditekuni dapat bersaing di pasaran.
Read more

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Usaha Waralaba

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Usaha Waralaba

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Usaha Waralaba
Ada banyak faktor yang mendorong seseorang untuk menjalankan sebuah bisnis, mulai dari sulitnya mendapatkan pekerjaan. Karena syarat yang ditentukan terlalu tinggi untuk masuk ke sebuah perusahaan, maka banyak diantaranya yang gagal menurut franchise indonesia. Namun juga bisa jadi seseorang membangun sebuah usaha sendiri sebagai pekerjaan sampingan mereka. apalagi belum tentu gaji yang didapatkan dari pekerjaan utama akan mencukupi kebutuhan. Dengan standard hidup yang kian tinggi belakangan ini. Pilihan usahanya juga beragam, ingin jualan barang, membuka sebuah jasa atau pilihan usaha waralaba.

Tentunya istilah bisnis franchise bukan hal yang baru bagi Anda. Ini adalah bidang bisnis yang paling populer karena belakangan ini semakin banyak yang menggelutinya. Dengan alasan karena sudah ada nama maka akan semakin mudah dalam menjalankannya. Konsumennya bisa lebih banyak dengan jaminan kesuksesan juga tinggi. Hanya saja jangan berbekal nama saja maka ada jaminan sukses, kenyataannya tanpa pengelolaan yang tepat banyak pelaku bisnis waralaba ini yang juga gulung tikar.

Sangat sia-sia nama yang sudah mereka beli dengan biaya yang tidak sedikit tersebut justru berakhir pada kegagalan. Usaha waralaba di satu sisi memang lebih mudah menjalankan dengan adanya nama besar yang menaungi, namun juga bisa jadi sebaliknya, ia akan bangkrut.

Beberapa Pertimbangan yang Harus di Perhatikan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba


Ada banyak faktor mendorong seseorang untuk menjalankan usaha waralaba, usaha waralaba memang tidak membutuhkan modal besar dan cocok menurut franchise murah. beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan sebelum memilih bisnis franchise ini, diantaranya adalah:
  • Berapa modal yang dimiliki, sistemnya memang sangat mudah, dimana Anda cukup membeli lisensi atas nama dagang sebuah perusahaan tersebut. Tentunya tak asal bayar saja, melainkan juga ada berbagai pelatihan nantinya. namun juga harus diketahui bahwa tak semua lisensi atau hak nama dagang tersebut ditawarkan dengan harga yang murah, nilainya bisa sampai milyaran rupiah, seperti merk-merk ternama dari luar negeri yang skalanya memang sudah internasional, sehingga lihat dulu berapa kemampuan keuangan Anda disini.
  • Skala dari usaha waralaba tersebut, Anda bisa mengatakan bahwa nama dagang tersebut dikenal, namun bagaimana dengan orang lain, apakah juga mengenal dari nama dagang yang ingin dibeli. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting agar tak salah dalam memilih.
  • Lokasi usaha, berhubungan dengan nama dagang, nantinya jika Anda sudah memutuskan untuk memilih lokasi dagang, agaknya calon konsumen yang menjadi target, juga harus dilakukan survey, apakah mereka mengenal waralaba atau nama merk tersebut atau tidak. Jika tidak sudah pasti percuma, sama halnya memulai bisnis sendiri dari nol, dengan membangun brand.
  • Siap mengikuti aturan yang diberikan perusahaan, bukan hanya nama, semua sistem management dari bisnis waralaba mengikuti bagian pusat. Tak jarang yang menganggap dengan usaha ini hasil memang pasti, namun kreativitas sendiri dibatasi. Jadi bagi Anda yang senang mencoba-coba kurang cocok memilih franchise.
  • Apakah harga barang cocok dengan keuangan konsumen, melihat dari sisi target kembali. Karena termasuk dalam bisnis franchise, umumnya harga sudah terpusat, dimanapun nilainya sama. Dengan kata lain ketika Anda memilih lokasi maka lihat dulu kondisi keuangan target, jika memang sesuai, tak masalah menjalankan bisnis tersebut. Namun jika ternyata di bawah standard, bisa jadi bisnis tersebut akan gagal.
Meskipun peluang suksesnya tinggi, namun tak semudah yang dibayangkan menjalankan sebuah usaha waralaba murah. Ada baiknya bagi Anda yang berniat memulai usaha ini maka lebih selektif dalam memilih, setidaknya nama waralaba mana yang paling cocok dan tidak membutuhkan modal besar.
Read more